On Development

Bumi: Tumbuh dari Menulis

Hai Anisa,
Saya bertahan di tempat ini, Universitas tempat kita bersama belajar tentang kemanusian dan kebersamaan, sementara waktu sebelum akhirnya ‘merayakan’ kelulusan ini dengan karya-karya di daerah penempatan nanti. Anisa, Aku ingin tumbuh dan terus berkembang dari dunia kepenulisan, se-tidak nyaman apapun keadaannya di tempat mengabdi nanti. Dari menulis ini aku sedikit demi sedikit terus belajar, semuanya termasuk kewajiban membaca. Hanya dengan memproses bacaan yang baik kita bisa menghasilkan tulisan yang baik pula.
Well, buat aku menulis ini memecah kebuntuan juga. Tentu banyak yang berseliweran di kepala, mulai dari yang tidak penting sampai pikiran sampah sama sekali. Anisa, aku ingin terus tumbuh dengan menulis. Kedewasaan kita tidak diukur dengan seberapa tinggi badan kita atau seberapa tua usia kita, tapi semata-mata dari cara kita memproses masalah. Nah, menulis memaksa kita berfikir runut, sistematis, atau malah acak sama sekali tapi jelas memiliki goal yang terukur. Tentu harapan akhirnya aku terus dalam budaya berfikir sebagaimana proses menulis.
Nanti aku sambung lagi, Anisa.

Standard

Leave a comment